Lapor Kerusakan Jalan di Aplikasi Jalan Cantik, Dalam Dua Hari Jalan di Perbaiki

banner 468x60

koran.co.id – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Tanggap Cepat Terhadap Aduan Jalan Rusak Melalui Aplikasi Jalan Cantik.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah merespon dengan cepat adanya aduan mengenai jalan rusak yang dilaporkan melalui aplikasi Jalan Cantik. Dalam waktu hanya dua hari setelah masuknya laporan, jalan rusak langsung diperbaiki.

Contohnya terjadi pada ruas jalan Weleri-Sukorejo, Kabupaten Kendal, tepatnya di Desa Pageruyung. Petugas langsung bergerak ke lokasi untuk menambal aspal yang berlubang sejak Rabu (15/3/2023).

David (33), warga Desa Pucakwangi Kecamatan Pageruyung, mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi jalan yang banyak berlubang di Pageruyung. Ia memotret dan melaporkannya melalui aplikasi Jalan Cantik.

“Saya sering lewat sini, dan kondisinya banyak yang rusak. Saya melaporkan melalui Jalan Cantik pada hari Senin kemarin,” katanya pada Kamis (16/3/2023).

Laporan David tersebut direspon dengan cepat oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Dalam waktu hanya dua hari, jalan itu diperbaiki.

“Hari Rabu sudah diperbaiki. Cepat sekali. Aplikasi Jalan Cantik sangat bermanfaat,” paparnya.

Warga lain di Pageruyung, Muhammad Eliya, juga menyatakan hal serupa. Menurutnya, perbaikan jalan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah merupakan respons cepat atas aduan masyarakat.

“Alhamdulillah sudah diperbaiki. Jalan sini memang rusak dan perlu diperbaiki,” tuturnya.

Ruas jalan Weleri-Sukorejo merupakan jalur penghubung Kendal-Temanggung dan juga ke arah Bawang, Kabupaten Batang. Oleh karena itu, jalan di sana sering dilalui oleh banyak orang dan harus dalam kondisi yang baik.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah memberikan instruksi kepada dinas terkait untuk mempercepat perbaikan jalan rusak.

Berdasarkan data aduan di Laporgub selama periode 1 Januari-13 Maret 2023, aduan infrastruktur mendominasi jumlah aduan yang masuk. Keluhan mengenai jalan rusak berada pada peringkat teratas. Aduan mengenai jalan kabupaten/kota mencapai 1.663 aduan, jalan desa/kelurahan sebanyak 1.021 aduan, dan jalan provinsi sebanyak 651 aduan.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *