Bahaya Video WhatsApp Viral Dapat Mengakibatkan Hp Tidak Berfungsi

banner 468x60

Koran – Belakangan ini, media sosial dihebohkan dengan sebuah video di WhatsApp yang dikabarkan dapat menyebabkan smartphone menjadi ngelag atau bahkan mati. Video yang dikenal sebagai “Video Bjorka” oleh sejumlah netizen telah menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan di kalangan pengguna smartphone.

Dalam video yang tersebar luas di media sosial, terlihat beberapa pengguna smartphone yang mengalami masalah saat memutar Video Bjorka. Beberapa smartphone tersebut mengalami kegagalan fungsi atau bahkan mati seketika setelah video diputar.

Sampai saat ini, belum ada penjelasan resmi tentang apa yang sebenarnya terjadi pada smartphone yang terpengaruh oleh video tersebut. Namun, para ahli teknologi telah memberikan beberapa kemungkinan penyebabnya, termasuk adanya kode atau skrip yang merusak operasi sistem pada smartphone.

Sebagai tindakan pencegahan, para pengguna smartphone disarankan untuk tidak membuka atau memutar video yang mencurigakan atau tidak dikenal. Selalu pastikan untuk mengunduh atau membuka video hanya dari sumber yang terpercaya dan aman.

Video Bjorka sebenarnya merupakan rekaman CCTV di sebuah kafe yang ramai dikunjungi orang. Video tersebut terdiri dari beberapa detik yang awalnya dapat diputar pada smartphone pengguna.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, pengguna smartphone tersebut mulai mengalami masalah saat memutar video tersebut. Smartphone yang tadinya bisa memutar video hanya beberapa detik, mulai mengalami lagging atau ngelag hingga akhirnya mati total.

Video Bjorka kemudian tersebar luas melalui layanan chat dan status WhatsApp. Hal ini memicu kekhawatiran dan kepanikan di kalangan pengguna smartphone yang khawatir perangkat mereka juga terkena dampak yang sama.

Meskipun hingga saat ini belum ada penjelasan resmi mengenai apa yang sebenarnya terjadi pada smartphone yang terkena dampak video Bjorka, namun para ahli teknologi berpendapat bahwa video tersebut kemungkinan mengandung kode atau skrip yang dapat merusak operasi sistem pada smartphone.

Sebagai upaya pencegahan, para pengguna smartphone disarankan untuk menghindari membuka atau memutar video yang mencurigakan atau tidak dikenal. Selalu pastikan untuk hanya mendownload atau membuka video dari sumber yang terpercaya dan aman untuk mencegah terjadinya kerusakan pada perangkat Anda.

Netizen berpendapat bahwa itu adalah virus virtex.

Virtex adalah jenis teks atau pesan yang sering digunakan untuk menjahili atau mengganggu orang lain melalui aplikasi pesan seperti WhatsApp. Namun, menurut pakar keamanan siber Alfons Tanujaya yang dilansir Kompas.com, Virtex bukanlah virus, melainkan kumpulan kode.

Alfons menjelaskan bahwa Virtex sebenarnya adalah teks virtual, yang merupakan kumpulan kode yang dapat menyebabkan masalah pada perangkat penerima. Virtex dapat menyebabkan error pada penerima WhatsApp dan mengganggu penggunaan aplikasi tersebut.

Meskipun Virtex bukanlah virus, penggunaan teks semacam ini tetap dilarang dan tidak etis. Menjahili atau mengganggu orang lain melalui aplikasi pesan dapat memicu konflik dan masalah yang lebih besar. Oleh karena itu, sebagai pengguna aplikasi pesan, penting untuk selalu memperhatikan etika dan tindakan yang bertanggung jawab ketika berinteraksi dengan orang lain melalui pesan teks.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *